Selasa, 25 Agustus 2009

Kujuk-kujuk Ngarai

Pesona Alam di Kota Seribu Sungai Banjarmasin


Oleh
Hafiizh Prasetia
Kota Banjarmasin dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai, karena setiap penjuru kota ini mengalir anak-anak sungai yang semuanya akan bermuara di Sungai Barito. Bayangkan saja jika ditengah-tengah kota ini memiliki sungai yang cukup lebar, tentunya memiliki nuansa alam yang khas.
Berkunjung ke kota ini dimulai dengan berkunjung ke Museum Lambung Mangkurat, tempat ini banyak mengoleksi benda bersejarah.
Wilayah ini juga memiliki aset daerah yang sangat penting yaitu Jembatan Barito. Jembatan ini dapat dikatakan sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.



Sebelum menuju ke tempat rekreasi Pulau Kembang, pengunjung jangan melewatkan pemandangan unik di wilayah ini, yaitu Pasar Terapung. Yang pertama terucapkan ketika melihat pemandangan ini adalah Mengesankan!. Bagaimana tidak, tempat ini merupakan satu-satunya tempat di dunia yang melakukan transaksi jual beli diatas perahu kecil yang memadati hampir dua pertiga lebar Sungai.
Kini saat nya kita berkunjung ke Pulau Kembang. Ditempat ini terdapat puluhan monyet-monyet kecil yang sangat lucu. Mereka akan siap menyambut setiap kapal yang akan merapat ke dermaga pulau ini. Jangan lupa pula untuk membawa pisang atau kacang untuk diberikan kepada mereka. Anda akan melihat atraksi monyet-monyet tersebut berebut makanan dan saling kejar.

Setelah lelah berjalan ke berbagai objek wisata, sebaiknya Anda kami ajak sejenak untuk istirahat sambil menikmati hidangan lezat Soto Bawah Jembatan. Eit, jangan salah sangka dulu,,. Memang sich nama wisata kuliner ini adalah Soto Bawah Jembatan, tapi tidak benar-benar berada langsung tepat di bawah jembatan. Masalah kebersihan tempat ini anda tidak terlalu khawatir, karena ditempat ini kebersihan adalah nomor satu.Berkunjung ke Kota Seribu Sungai, Banjarmasin, tentunya akan memberi kesan tersendiri dan kenangan yang indah. Belum puas dengan semua tempat rekreasi itu, masih ada pilihan wisata lain yang bisa anda nikmati. Mau tahu apa saja? Tunggu edisi berikutnya.

Tidak ada komentar: